Susu Kambing Etawa, Nutrisi yang Cocok Bagi Pengidap Alergi

Susu Kambing Etawa, Nutrisi yang Cocok Bagi Pengidap Alergi

Alergi susu sapi banyak diderita oleh siapa saja termasuk anak-anak dan dewasa. Sebagian besar faktanya, kondisi dapat terjadi pada usia bayi. Kondisi ini sering dialami oleh mereka yang memiliki sistem imunitas rendah. Dikarenakan senyawa protein, masuk ke dalam tubuh namun sulit dicerna.

Akibatnya, tubuh anak dapat merespon jika terdapat benda asing yang masuk. Sehingga cara kerjanya mirip seperti ketika ada bakteri atau virus memasuki badan kita. Mengapa susu sapi bisa menyebabkan alergi? Dikarenakan terdapatnya zat protein atau senyawa kasein sulit beradaptasi dengan sistem metabolisme.

Produk olahan yang mengandung susu sapi seperti keju, yogurt atau es krim bisa meningkatkan senyawa kimia sehingga menyebabkan zat tersebut sebagai ancaman. Tubuh akan merespon dengan cepat, melawan dan hasilnya bisa mengakibatkan muncul gejala-gejala alergi seperti ruam, benjol merah, bahkan gatal.

Tanda Munculnya Gejala Alergi pada Susu Sapi

Menurut para ahli gizi, susu sapi beserta produk olahan serupa berpotensi menimbulkan beberapa dampak jika dikonsumsi oleh mereka dengan penderita alergi. Kondisi ini disebabkan oleh imunitas tubuh atau antibody belum atau tidak memiliki kekebalan dalam melawan senyawa histamin.

Histamin adalah senyawa kimia yang dapat memicu tubuh merespon adanya alergen. Gejalanya bisa muncul sekitar 30 menit sampai 2 jam setelah mengkonsumsi olahan susu sapi. Jika sudah begitu, maka sebagai orang tua sebaiknya menghindari pemberian minuman dengan produk berbahan serupa.

Baca juga....  Dua Penggunaan Kolagen yang Umum Digunakan Oleh Manusia

Alergi susu memang banyak diderita bayi dan anak-anak, meski orang dewasa juga ada yang masih mengalaminya. Beberapa ciri paling umum mereka mengali reaksi alergen ialah gejala ringan yakni muntah, sembelit, sering diare, batuk pilek, bahkan kolik. Jika sudah berat, mereka akan sulit makan dan anemia.

Berbeda dengan intoleransi laktosa, alergi dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Sebagian besar terjadi karena adanya protein yang masuk sehingga badan kita sulit mencernanya. Reaksinya hanya muncul dalam hitungan jam dan beberapa menit setelah dikonsumsi oleh anak-anak.

Sementara intoleransi laktosa merupakan gangguan pada pencernaan disebabkan oleh usus kita tidak sanggup mencerna senyawa ini. Kondisi ini bisa terjadi pada usia belia sampai mereka menjadi dewasa. Maka tidak heran jika beberapa orang dengan pengidap masalah ini harus menghindari olahan susu sapi seperti keju atau yogurt.

Alternatif Susu yang Cocok Bagi Penderita Alergi

Meski susu sapi rasanya sangat nikmat, tetapi bagi penderita alergi produk formula ini sangat dihindari. Bahkan menurut penelitian, Sebagian besar populasi atau sekitar 68% penduduk dunia mengalami intoleransi laktosa penyebab gangguan pencernaan karena zat tersebut sulit dicerna usus.

ASI bisa dijadikan alternatif untuk bayi atau balita dengan risiko alergi. Kualitas protein didalamnya jauh lebih baik daripada susu formula sekaligus sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi. Terdapat juga asam amino yang sangat lengkap termasuk zat Taurin, sangat bagus dalam meningkatkan kesehatan otak.

Baca juga....  Kandungan Nutrisi Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Bagi orang dewasa yang masih mengalami alergi atau intiolerasi laktosa, susu berasal dari biji-bijian seperti almond dan kedelai juga bisa menjadi alternatif. Selanjutnya ada produk susu kambing etawa, banyak dipercaya sebagai obat sehat, menjaga imunitas serta menyehatkan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan yang tidak sehat, menyumbang Sebagian besar tanda-tanda penyakit terutama daya tahan tubuh. Susu kambing jika dikonsumsi oleh orang dewasa dapat menstabilkan kesehatan organ lambung dan usus. Sehingga baik dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak atau balita.

Manfaat besar lainnya dibalik susu alternatif yang berasal dari kambing etawa ialah membantu para penderita diabetes sebab kadar gula jauh lebih rendah, sumber protein mudah dicerna, membuang rajun atau toxic, mencerdaskan otak anak bahkan baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

 

 

Deskripsi: Susu kambing etawa memiliki manfaat besar bagi tubuh, dapat dijadikan alternatif susu sapi bagi mereka yang memiliki gangguan pada pencernaan alias alergi. Cocok dikonsumsi anak-anak hingga ibu hamil

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *