Manfaat Ikan Gabus untuk Melancarkan Produksi ASI

Manfaat Ikan Gabus untuk Melancarkan Produksi ASI

Manfaat Ikan Gabus untuk Melancarkan Produksi ASI

Sebagai ibu, tentu saja Anda ingin si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang berkecukupan agar dapat mendukung pertumbuhannya. Oleh sebab itu, selama fase menyusui, Anda harus mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bergizi serta bernutrisi. Dari berbagai macam nutrisi, nutrisi yang penting untuk ibu yang sedang menyusui ialah protein.

Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup sangat penting, hal tersebut demi menjaga kualitas dari ASI yang diproduksi. Selama menyusui, Anda harus mengetahui berapa banyak kebutuhan asupan protein yang diperlukan. Protein merupakan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh.
selain itu protein juga digunakan sebagai pendukung pertumbuhan. Sebagai seorang ibu menyusui, Anda memerlukan protein agar ASI yang dikonsumsi berkualitas tinggi serta mampu mendukung tumbuh kembang si kecil menjadi optimal. Inilah alasan mengapa makanan yang tinggi protein sangat direkomendasikan.

Pentingnya Protein untuk Memperlancar dan Menjaga Kualitas ASI

Ketika Anda berada dalam fase kehamilan, protein sangat diperlukan agar bisa mendukung pertumbuhan serta perkembangan sel janin. Protein juga sangat diperlukan untuk perkembangan plasenta serta jaringan maternal. Bukan hanya itu, protein sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah baru.

Volume darah yang meningkat sampai 50% pada ibu hamil membuat kebutuhan protein juga menjadi ikut meningkat. Ketika menyusui, protein juga masih menjadi sebuah kebutuhan vital. Tubuh Anda membutuhkan protein agar dapat memproduksi ASI dan menopang pertumbuhan anak. Nutrisi ini akan membantu pertumbuhan sel baru.

Jumlah asupan protein yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui juga sudah diperkirakan. Rekomendasinya, ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan protein kurang lebih 85 gram seharinya. Namun tentu saja hal tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi Anda sekarang ini.

Tentu mencari sumber protein tersebut cukup sulit, namun salah satu pilihan makanan yang bisa menjadi sumber protein adalah ikan gabus. Ikan gabus sudah lama terkenal menjadi salah satu solusi agar bisa menjaga kualitas produksi ASI dalam tubuh.

Ikan Gabus, Solusi Sumber Protein untuk Menjaga Kualitas ASI

Ikan air tawar, ikan gabus mempunyai kandungan protein sangat tinggi jika dibandingkan dengan berbagai jenis ikan lain. Bukan hanya itu, ikan gabus juga sangat terkenal dengan kandungan protein albumin yang ada di dalamnya. Karena kaya dengan kandungan protein, banyak orang yang merekomendasikan pengonsumsian ikan ini setelah melahirkan dan saat menyusui.

Namun bagaimana jika alergi ikan gabus atau sulit mengkonsumsi ikan gabus secara rutin. Jika demikian, Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman suplemen yang memiliki kandungan ikan gabus. Sehingga, nantinya alergi bisa ditekan selain itu suplemen ekstrak ikan gabus ini juga mudah ditemukan di pasaran.

Pengonsumsian suplemen juga harus diperhatikan dengan baik, karena Anda pasti juga mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan protein, sehingga jangan sampai jumlah protein yang dibutuhkan melebihi kebutuhan protein harian dan terjadi secara terus menerus.

Pentingnya protein agar dapat mencukupi kebutuhan si kecil, tidak mengherankan jika hingga sekarang ibu menyusui harus terus mengkonsumsi nutrisi ini dengan jumlah yang cukup. Bahkan, kebutuhan proteinnya memiliki jumlah hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan kebutuhan protein orang biasa.

Ikan gabus memang bisa menjadi solusi ketika kebutuhan ASI untuk buah hati ternyata sangat banyak sehingga produksi ASI tidak mencukupi. Namun selain pengonsumsian ikan gabus, Anda juga harus menjaga pola hidup yang sehat, sehingga nantinya pemberian ASI tetap bisa dilakukan secara optimal.

 

 

Deskripsi: Sebagai ibu, tentu saja Anda ingin si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang berkecukupan agar dapat mendukung pertumbuhannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *