Olahan Lezat Ikan Gabus Tanpa Mengurangi Khasiatnya

Olahan Lezat Ikan Gabus Tanpa Mengurangi Khasiatnya

Olahan Lezat Ikan Gabus Tanpa Mengurangi Khasiatnya

Ikan gabus sendiri banyak sekali ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Selain memiliki nama julukan masing-masing tiap daerah, olahan makanan juga berbeda-beda tiap daerah. Siapa yang meragukan kelezatan dari daging ikan gabus. Ikan dari famili Channidae ini memang memiliki daging dengan tekstur yang khas.

Jadi banyak masyarakat Indonesia meminati olahan makanan dari daging ikan tersebut. Seperti di sekitar Sulawesi dan Papua, ikan jenis snakehead ini diolah menjadi sup. Dan di Kalimantan, tepatnya di Banjarmasin terdapat olahan kerupuk ikan gabus. Biasanya di pulau Jawa gabus diolah dengan cara digoreng.

Para ahli menyebutkan bahwa ikan gabus memiliki kandungan protein dengan kadar tinggi. Protein ini terdapat dalam wujud albumin dan tentu saja tubuh sangat membutuhkan nutrisi ini agar tetap sehat. Riset membuktikan bahwa kandungan protein dalam snakehead fish ini mencapai 25 % lebih tinggi daripada bandeng.

Dengan kandungan yang tinggi ini sangat akan sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia akan nutrisi terutama protein. Terutama untuk ibu yang sedang dalam masa menyusui serta bayinya, dimana olahan gabus ini bisa mendukung produksi ASI dan tentunya memberikan gizi kepada ibu ataupun bayinya.

Usahakan Mengolah Ikan Gabus Tanpa Digoreng

Hal ini tentu saja disarankan oleh para ahli yang sudah melakukan penelitian secara klinis tentunya. Kandungan protein dalam ikan gabus ini sangat dibutuhkan oleh manusia. Oleh karena itu cara mengolah secara benar juga harus diketahui agar khasiatnya bisa didapatkan secara maksimal.

Baca juga....  Ekstrak Ikan Gabus, Cara Mudah Mendapatkan Manfaat Ikan Gabus

Jika ingin mengolahnya sendiri usahakan untuk Anda jangan sekali-kali menggoreng ikan ini. Karena yang dicari adalah protein maka dengan digoreng pada minyak panas tentu saja akan melarutkan kandungan albuminnya. Menemukan penjual ikan famili Channidae ini tidak semudah dulu, memang banyak daerah masih memiliki ikan ini.

Masih banyak daerah belum mulai membudidayakannya. Jadi hanya didapatkan secara liar, hal itu membuat lebih sulit mendapatkan pasokan tetap dari penjual. Tetapi sudah mulai muncul beberapa usaha budidayanya. Selain dengan langsung mengolah daging ikan tersebut menjadi makanan, terdapat alternatif lain yaitu dengan ekstraknya.

Untuk mendapatkannya dibilang lebih mudah, hanya saja Anda harus merogoh kantong lebih karena biasanya disediakan dalam bentuk kapsul atau produk konsumsi lainnya yang dijual bebas. Jika terdapat produk mengandung ekstrak gabus maka periksa berapa kadar yang terkandung serta apa saja bahan terkandung didalamnya.

Hal ini tentunya agar mengetahui apakah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-harinya. Selain itu periksa juga status kehalalan serta sertifikasi dari BPOM, jika sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Jangan sampai Anda yang ingin mencari nutrisi menjadi tidak mendapatkan khasiat dicari.

Olah Menjadi Sop Atau Bubur

Pilihan olahan daging ikan gabus adalah dijadikan sop kuah atau campuran bubur. Dimana seperti sop pada umumnya, yang membedakan hanya menggunakan bahan ikan gabus. Dan tentunya banyak mengandung khasiat untuk kesehatan terutama ibu dalam masa menyusui. Olahan ini tentu saja menjadi pilihan mudah mengolahnya.

Baca juga....  Kaya Albumin, Susu Etawa dengan Ekstrak Ikan Gabus Murni

Sop bisa ditambahkan bahan sayuran agar memberikan nilai gizi yang lebih. Selain diolah menjadi sop, bahan ini juga bisa dijadikan makanan berupa bubur. Layaknya bubur ayam, campuran beberapa sayuran serta bumbu didalamnya membuat bubur dengan bahan ini memberikan manfaat yang berguna untuk tubuh serta melezatkan.

Olahan lainnya juga bisa Anda coba, terpenting jangan sampai digoreng jika menginginkan gizi maksimal. Mungkin boleh untuk menggorengnya sesekali saja. Untuk mendapatkan manfaatnya lebih baik olah dengan rebus atau kukus. Pilihlah ikan yang segar, agar nantinya bisa maksimal kandungan protein didalamnya.

 

 

Deskripsi : Jangan mengolah ikan gabus dengan cara digoreng, bisa diolah menjadi sop atau bubur yang lezat dengan mudah tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *