Kandungan Nutrisi Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Anda tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama “ikan gabus”. Hewan air tawar yang memiliki nama latin Channa striatus ini terkenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Tergolong hewan karnivora dengan bentuk tubuh memanjang dan berkepala pipih ini memiliki nama lain kutuk, bogo, aruan dan masih banyak lagi.

Ciri lain yang membedakan ikan gabus dengan ikan jenis lainnya adalah gradasi warna pada tubuhnya. Ikan gabus berwarna hijau kehitaman pada bagian pungung, sedang bagian perutnya berwarna krem hingga putih.

Habitat asli predator air tawar ini berada pada perairan dangkal seperti rawa dan sungai. Namun di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang mulai beternak predator ini. Selain bisa dijual langsung untuk konsumsi, banyak orang mencari hewan ini untuk dijadikan ekstrak obat sejuta manfaat.

Kandungan Protein Lebih Tinggi dari Tuna dan Salmon

Perlu Anda ketahui kandungan nutrisi pada hewan ini cukup tinggi. Bahkan dalam 100 gram ikan gabus, Anda bisa mendapatkan 25-26 gram protein. Jumlah ini lebih tinggi dibanding dengan 100 gram tuna yang mengandung 23-24 gram protein dan 100 gram salmon yang hanya 19-20 gram saja.

Protein sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan. Tidak hanya itu protein dalam hewan ini terbukti mengandung asam amino dan asam lemak yang tinggi.

Baca juga....  Kaya Albumin, Susu Etawa dengan Ekstrak Ikan Gabus Murni

Kedua asam ini apabila bergabung dan dicerna oleh tubuh sangat baik manfaatnya untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak heran banyak orang menyarankan untuk mengonsumsi makanan ini pasca operasi atau melahirkan.

Asam amino pada ikan gabus juga berperan dalam optimalisasi sintesis kolagen. Kolagen sangat baik dalam menjaga elastisitas kulit sehingga sangat baik bagi Anda yang ingin terlihat awet muda. Bahkan apabila dikonsumsinya secara teratur dapat menjadi Pereda nyeri alami tanpa efek samping.

Nutrisi Lain dalam Channa striatus

Pada 100 gram ikan gabus, Anda juga dapat menemui berbagai nutrisi lain seperti 0,9 mg zat besi. Kandungan zat besi ini tentu cocok menjadi obat alami anemia, meningkatkan kekuatan otot, mengurangi lelah, bahkan memperbaiki jam tidur sehingga cocok bagi Anda yang menderita insomnia.

100 gram ikan gabus juga mengandung 62 mg kalsium yang bermanfaat untuk mendukung kerja sistem syaraf, berperan dalam proses pembekuan darah, kontraksi otot, dan menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Kandungan nutrisi lain dalam 100 gram ikan gabus adalah 150 mg Vit A; 0,04 mg Vit B; 1,7 gram lemak; 69 kalori; dan 69 mg air. Tergolong dalam makanan berkalori rendah dan tinggi protein serta kaya akan berbagai vitamin, membuat ikan ini cocok dijadikan santapan ketika Anda sedang melakukan diet.

Anda bisa merebus atau mengkukusnya saja, hidangkan dengan menambah sayuran dan buah membuat menu diet Anda lebih bervariasi. Bagi Anda yang tidak sedang berdiet dapat mengolahnya ini dengan cara mengorengnya. Sajikan dengan sambal dan nasi hangat dijamin nikmat.

Baca juga....  Konsumsi Gamat Emas dengan Mudah Karena Manfaat Luar Biasanya

Namun bagi Anda yang tidak begitu suka makan ikan namun tetap ingin merasakan khasiat luar biasa darinya, Anda dapat mengantinya dengan mengonsumsi ekstrak dari hewan ini. Ekstrak ikan gabus biasanya berupa serbuk yang dikemas dalam kapsul-kapsul obat.

Jangan khawatir ekstrak ikan gabus tentu didapatkan dengan cara yang aman dan higienis sehingga kandungan nutrisi yang didapat sama dengan mengonsumsi ikan gabus secara langsung. Ekstrak ikan gabus juga aman dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa hingga lansia.

 

Deskripsi: Ikan gabus yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dengan kandungan yang nutrisi yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *