Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan Gula Aren vs Gula Merah

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan Gula Aren vs Gula Merah

Jangan Sampai Tertukar, Ini Perbedaan Gula Aren vs Gula Merah

Indonesia memiliki banyak ragam bahan makanan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satunya gula yang ada banyak jenisnya disini. Tentu masing-masing dari jenis gula tersebut memiliki manfaat serta cara dan bahan pembuatan yang berbeda-beda juga. Nilai kandungan gizi pada masing-masing juga harus diperhatikan.

Beragam jenis gula ini dihasilkan dengan cara yang berbeda-beda, meskipun beberapa dari jenisnya tersebut terlihat serupa dari segi warna dan penggunaannya. Akan tetapi Anda tidak boleh salah dalam memilih menggunakan jenis gula pada setiap kondisi yang Anda butuhkan loh. Karena masing-masing gula juga memiliki rasa yang berbeda meskipun semuanya sama-sama digunakan sebagai penambah rasa manis.

Jenis gula yang umum ada di dapur biasanya yaitu jenis gula putih. Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal bagaimana bentuk dari gula putih ini. Selain gula putih, sebagian masyarakat tentu juga mengenal jenis gula merah yang sering dijadikan sebagai campuran bahan-bahan makanan lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa ada jenis gula yang bernama gula aren terlihat seperti gula merah namun nilai gizi dan rasanya memiliki perbedaan. Anda tidak perlu bingung dengan manfaat dari keduanya, karena akan kami jelaskan untuk membuat Anda lebih memahami dalam menggunakan kedua jenis gula tersebut.

Gula Merah Sebagai Campuran Makanan

Baca juga....  Antioksidan dalam Produk Susu Etawa Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Jenis gula yang satu ini memang lebih populer dan dikenal oleh banyak masyarakat hampir disetiap pelosok daerah di Indonesia. Bahkan beberapa makanan menggunakan gula merah sebagai penambah rasa cantik dan manis. Salah satu jenis makanan yang sering menggunakan gula merah adalah bubur kacang hijau dan bumbu rujak.

Rasa yang sangat manis dari gula merah mampu menetralisir rasa pedas dari bumbu rujak dan bahkan tidak akan merusak cita rasanya ketika dimakan bersama buah. Anda bisa membedakan gula merah dari bentuknya yang dibuat menyerupai tabung atau silinder. Meski ada juga yang dicetak menyerupai bentuk batok.

Anda pasti tahu pohon palem atau kelapa? Air nira atau sari yang keluar dari pohon tersebut akan dibuat untuk menjadi dasar dari gula merah. Warna dari gula merah juga berbeda dengan gula aren, dimana gula merah akan terlihat lebih berwarna cokelat terang jika dibandingkan dengan gula aren atau jenis gula lainnya.

Gula Aren Bermanfaat untuk Kesehatan Lebih Banyak

Saat ini penggunaan gula aren semakin banyak dikenal oleh masyarakat karena memiliki nilai gizi cukup baik. Bahkan sering digunakan untuk para ibu hamil sebagai pengganti gula yang aman dikonsumsi menjadi bahan campuran makanan lainnya. Meskipun posisi gula merah di hati masyarakat Indonesia sudah cukup populer namun tidak menutup kemungkinan bahwa peminat gula aren saat ini juga meningkat.

Baca juga....  Mulai Hidup Sehat dengan Beralih ke Olahan Gula Aren

Gula aren sendiri terbuat dari nira atau sari dari pohon aren. Meskipun pohon palem atau kelapa dengan pohon aren tampak serupa, namun keduanya memiliki buah dan rasa dari gula yang berbeda. Aroma dari gula aren lebih kuat dibandingkan dengan gula merah begitu juga dengan rasa manisnya.

Oleh karena itu, gula aren lebih sering digunakan sebagai campuran minuman seperti es dawet. Bahkan di beberapa daerah di Pulau Jawa banyak masyarakat yang menjadikan gula aren sebagai campuran dengan minuman teh hangat. Mereka menganggap rasa manis yang didapatkan jauh lebih enak rasanya.

Gula merah dan gula aren jelas memiliki manfaat yang berbeda dan digunakan dalam kondisi berbeda juga. Namun pada umumnya gula aren lebih baik untuk kesehatan daripada gula merah. Apalagi banyak minuman kesehatan yang kini menjadikan gula aren sebagai pendampingnya.

 

Deskripsi: Gula merah dan gula aren jelas memiliki manfaat yang berbeda dan digunakan dalam kondisi berbeda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *