Fakta Seputar Gizi, Lebih Baik Susu Kambing Apa Sapi?

Fakta Seputar Gizi, Lebih Baik Susu Kambing Apa Sapi?

Dibanding milk goat, susu sapi adalah minuman yang cenderung familiar. Berbagai produk olahan dihasilkan seperti yogurt, keju, kue dan es krim. Meski lebih banyak dikonsumsi, keduanya sama-sama memiliki khasiat baik bagi kesehatan tubuh, tulang, antioksidan bahkan untuk kecantikan kulit.

Sejak dahulu, susu sapi atau kambing sering dijadikan untuk lulur atau masker, menghaluskan kulit, dan pencerah alami. Sementara bagi tubuh, khasiat yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan kepadatan tulang, sumber energi, kaya protein, lemak, vitamin serta zat besi.

Hampir semua produk olahan milk rasanya sangat nikmat. Meski diyakini memiliki segudang khasiat, lebih baik mana antara susu sapi atau kambing? Kita dapat meninjau dari segi kandungan, nutrisi bahkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh terutama mereka yang mempunyai alergi

Perbedaan Susu Sapi dengan Kambing

Komposisi antara probiotik pada sapi dan kambing tidak jauh berbeda sehingga membuatnya memiliki rasa yang hampir sama. Tetapi jika dikonsumsi setelah melalui proses maka akan mengalami sedikit perubahan. Milk goat rasanya cenderung sedikit manis. Jika proses pengolahan tidak dilakukan secara benar maka masih meninggalkan aroma khas cukup kuat.

Beberapa orang memiliki alergi yang bisa dipicu dari konsumsi minuman menyehatkan. Hal tersebut terjadi karena kandungan kasein jauh lebih tinggi hampir 80% dibanding milk goat. Protein ini lebih lambat dicerna tubuh meski khasiat besar lainnya adalah sangat bagus untuk membangun masa otot dan menambah kekuatannya.

Baca juga....  Kandungan Nutrisi Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Mereka yang mengalami intolelir sumber makanan yang berasal dari sapi bisa mengalami efek samping seperti muntaber, ruam bahkan anfilaksis. Sementara susu kambing memiliki kadar fat ringan serta molekul didalamnya jauh lebih kecil. Enzim ini memungkinkan pencernaan dapat memecah lemak menjadi energi.

Karenanya mengapa Sebagian memilih minum olahan kambing daripada susu hasil perahan sapi. Selain itu, tidak semua tubuh manusia mampu mencerna laktosa dengan baik. Lactase yang bertugas memproses sehingga menyebabkan sebagian dari kita mengalami intoleransi. Akibatnya bisa terjadi masalah pada sistem pencernaan termasuk mual.

Dibanding produk probiotik dari sapi, kadar laktosa produk ini jauh lebih sedikit sehingga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki alergi atau masalah pada pencernaan. Meski begitu, keduanya sama-sama berkhasiat tinggi bagi tubuh, antioksidan, mencegah kanker di organ pencernaan seperti usus besar.

Milk Goat Sangat Baik Kaya Nutrisi

Membandingkan kelebihan antara susu sapi, dengan kambing yang berasal dari jenis etawa dipercaya memiliki khasiat yang jauh lebih baik. Kadar lemaknya rendah, rendah gumpalan protein sehingga bisa dicerna. Kalsium didalamnya sangat tinggi atau setara dengan 499mg, tinggi linoleate essensial tetapi minim kolesterol.

Didunia kecantikan, kita lebih sering melihat berbagai produk kosmetik yang berasal dari susu kambing dibanding sapi. Lemak essensial beserta trigliserinda selain menjaga kesehatan tubuh juga berdampak baik pada kesehatan kulit Anda. Terdapat vitamin A, yakni senyawa antioksidan membantu atasi jerawat sekaligus memperbaiki elastisitas kulitnya.

Baca juga....  Amankah Anak Konsumsi Olahan Susu Kambing Etawa? Cek Faktanya

Penderita alergi paling sering dialami oleh anak usia balita. Tidak sedikit dari mereka memiliki kecenderungan alergi terhadap susu sapi. Bahaknya bisa mengakibatkan peradangan, sindrom iritasi, gangguan kholik serta masalah kesehatan lain seperti menurunnya autoimun. Gejalanya dapat dilihat dari munculnya ruam atau eksim.

Meski susu kambing punya sejumlah keunggulan lebih dibanding sapi, ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsinya. Produk olahan ini lebih baik tidak diberikan pada bayi dibawah satu tahun karena sistem pencernaannya masih lemah dan sensitive. Memperhatikan keamanan produksi juga sangat penting.

Maka tidak heran jika beberapa produk minuman susu kambing telah diolah bisa lebih mudah dikonsumsi. Untuk mencegah masalah pencernaan, kita perlu memperhatikan sterilisasi terutama jika membeli minuman siap dikonsumsi. Proses pasteurisasi atau pemanasan yang tepat akan membunuh bakteri sehingga aman diminum.

 

 

Deskripsi: Antara susu kambing dan sapi, keduanya memiliki perbedaan baik dari segi rasa atau manfaatnya. Susu kambing bisa menjadi alternatif jika Anda memiliki alergi terhadap beberapa jenis zat tertentu pada susu sapi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *